Beberapa UKM di Undiksha

Beberapa UKM di Undiksha - Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang sering disebut UKM merupakan sebuah wadah yang menampung minat, potensi serta bakat yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Tentu setiap mahasiswa pasti memiliki potensi, minat serta bakat yang beragam.


Undiksha yang merupakan salah satu Universitas Negeri di Bali juga memiliki UKM di dalamnya yang merupakan tempat para mahasiswanya mengembangkan potensi dan bakat mereka. Berikut ini adalah paparan sekilas tentang semua UKM yang ada di undiksha (resume) yang dihimpun berdasarkan data dari official blog masing - masing, jadi sebagian memang yang tidak ada blognya tidak tercantum resumenya.

Berikut UKM yang ada di undiksha diantarnya seperti :

a. UKM Menwa
 UKM yang pertama dan biasanya cukup banyak peminatnya adalah Menwa. Menwa Satuan D920/Jayastambha merupakan satuan Resimen Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Bisa dibilang UKM ini adalah ukm paling tua di undiksha karena sudah ada sejak Undiksha masih dibawah kendali Universitas Udayana sebelum era reformasi.

Seiring berjalannya waktu, UKM ini terus saja banyak peminatnya sehingga ketika menjadi salah satu anggota dari menwa itu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap mahasiswa yang biasanya ditugaskan untuk mengawal dan menjaga keamanan rektorat serta senat alamamter, dan kegiatan lainnya di kampus undiksha.

Selain itu, masih banyak sekali kegiatan bermanfaat menwa lainnya dalam satu kepengurusan seperti : Pembekalan dan Binsik (Pembinaan fisik), Pradik Satuan, Pendidikan Satuan, Pemoskoan, Tradisi Baju Hijau, dan Pembaretan. Dengan mengikuti Menwa biasanya mental mahasiswa akan semakin terbentuk dan berkarakter.


b. UKM Teater
Untuk mencari data tentang UKM Teater undiksha ini memang agak sedikit susah, karena di situs blog resminya tidak disebutkan secara rinci sejarah terbentuk UKM ini. Yang ada hanya beberapa catatant kegiatan dan sepak terjang UKM Teater kampus seribu jendela (Undiskha). Seperti pada periode 2013 telah melakukan beberapa kegiatan berikut: Pengisi acara Bali Emerging Writers Festival mementaskan naskan cerpen Negeri Singa Karya Kadek Sonia Piscayanti, dan kegiatan lainnya serta tahun 2014 seperti melakukan pementasan naskah monolog menunggu tikus karya putu satria kusuma dalam rangka 3rd SAWMA.


c. UKM Bridge
 UKM Bridge UNDIKSHA merupakan wadah bagi mahasiswa undiksha yang suka dibidang olahraga BRIDGE. UKM yang terbentuk pada tahun 1982 ini sudah melakukan beberapa kegiatan dan mengikuti beberapa kejuaraan, seperti dikutip dari situs resminya terakhir pada tahun 2012 sudah menjadi juara 1 walikota cup se-bali, juara 1 kategori junior puputan klungkung sebali, dll.

d. UKM Pramuka
 Siapa yang tidak kenal pramuka? UKM yang satu ini memang seolah wajib disemua universitas. Di undiksha pun ada UKM Pramuka dengan namaUKM Pramuka Jelantik-Jempiring Undiksha. Meskipun begitu sayangnya di blog resminya informasi tentang UKM ini masih kurang.

e. UKM Kesenian Daerah
 UKM Kesenian daerah atau disingkat KesDa ini merupakan wadah untuk melestarikan kesenian dan buadaya bali di lingkungan undiksha. UKM yang meliputi bidang seni seperti tabuh, tari, kekidu, sosial dan keagamaan ini memang cukup populer bagi mahasiswa undiksha.

Beberapa UKM di Undiksha


f. UKM "VISI"

g. UKM Bola Basket

h. UKM Mapala

i. UKM PKIM

j. UKM Musik

k. UKM KSR-PMI

l. UKM Sepak Bola dan Futsal

m. UKM Keputrian

n. UKM Pencak Silat

o. UKM karate

p. UKM Bulu Tangkis

q. UKMM Kempo

r. UKM Bola Volly

s. UKM Perisai Diri

t. UKM INKAI

u. UKM Tenis  Meja

v. UKM Paduan Suara

w. UKM Catur
UKM Catur undiksha merupakan ukm yang cukup populer. UKM yang sering mengadakan kegiatan lomba rutin di beberapa kategori seperti SD, SMP, SMA /MAHASISWA dengan nama GANEHA GRAND CHESS TOURNAMENT ini memang selalu banyak peminatnya dari tahun ketahun.  Disebutkan awal mula UKM catur undiksha ini dirancang oleh 2 orang yaitu Trisna Sastradi dan Rakhmat Busthomi pada tanggal 19 september 2010. Disebutkan pula bahwa UKM Catur Undiksha ini merupakan hasil buah pikiran dari pembantu dekan III Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) yaitu pak Drs. Soetopo, M.Pd dan Gede Agus Karyawan. dan sampai sekarangpun UKM ini tetap eksis.

x. UKM Tenis Lapangan

y. UKM Pelana

Meskipun tidak semua dapat kami jelaskan disini karena keterbatasan sumber referensi tetapi semoga dapat memberi manfaat. Nah dari sekian banyak UKM tersebut, biasanya jika anda seorang Mahasiswa Baru (MaBa) pasti akan disuruh memilih minimal 1 UKM dan biasanya juga diberi tugas untuk meresume semua UKM dan yang diminatinya. 

3 comments

Protection


Top