Makalah Peran Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa
Makalah Peran Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa - Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas
tentang peran pendidikan dalam pembangunan bangsa . Pendidikan merupakan
pembelajaran, keterampilan serta kebiasaan sekelompok orang yang di
transfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran,
pelatihan atau penelitian.
Makalah ini merupakan tugas dari mata kuliah pengantar pendidikan, dan kali ini saya akan mereview isi dari makalah yang berjudul "peran pendidikan dalam pembangunan bangsa". Makalah ini terdiri dari 21 halaman (terhitung dari bab 1). Yang terdiri dari 2 bab yaitu Bab 1 dan Bab 2.
Dalam bab 1 dipaparkan tentang latar belakang pendidikan, kondisi pendidikan yang ada di indonesia di masa lalu dan masa sekarang yang sedang berlangsung, serta perkembangan pendidikan dalam pembangunan bangsa.
1. Apa arti pendidikan dan pembangunan?
1. Mengetahui arti pendidikan dan pembangunan.
Menurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
- Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
- Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
- Menjamin integrasi sosial.
- Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
- Sumber inovasi sosial.
Pembangunan sendiri artinya kita berbicara mengenai perubahan, kemajuan masyarakat, kemajuan teknologi, perluasan wawasan dan pola pikir masyarakat, perilaku dan gaya hidup masyarakat. Dan semua itu tidak lepas dari yang namanya proses perluasan, proses peningkatan, baik itu untuk kepentingan masyarakat maupun diri sendiri.
Setelah membahas tentnag arti pendidikan dan pembangunan selanjutnya di point 2.2 dibahas tentang manusia dalam pembangunan bangsa seperti :
- Manusia sebagai produsen :
Manusia dalam pembangunan dapat berperan sebagai masukan dalam pembangunan dan berperan sebagai produsen, yaitu orang-orang yang secara langsung atau tidak langsung menggerakkan proses produksi dalam pabrik-pabrik, perusahaan-perusahaan, dan lembaga- lembaga sosial budaya, yang bersifat keagamaan, keilmuan, pendidikan, kesenian, dan sebagainya. Sebagai produsen manusia berperan sebagai:
a.Pencipta rancang bangun atau gagasan-gagasan, baik bersifat cita-cita maupun teknologi baru. Mereka berperan sebagai peneliti dan pengembang gagasan-gagasan dan teknologi baru.
b.Pengelola operasi-operasi yang terjadi di pabrik-pabrik, perusahaan-perusahaan, lembaga- lembaga sosial budaya, politik, pertahanan keamanan, dan sebagainya. Sehubungan dengan ini mereka berperan sebagai perencana, pemimpin, pengawas operasi-operasi tersebut.
c.Pelaksana operasi-operasi yang terjadi di pabrik-pabrik, perusahaan-perusahaan, dan lembaga-lembaga sosial budaya, politik, pertahanan, dan sebagainya. Mereka berperan sebagai Tenaga kerja teknis administratif dan Tenaga kerja teknis operasional.
- Manusia sebagai konsumen
Manusia dapat berperan sebagai konsumen. Mereka berperan sebagai pengguna atau penikmat hasil-hasil pembangunan dan sebagai penilai mutu hasil hasil pembangunan.
Selain itu dibahasa pula pendidikan dalam pembangunan bangsa dilihat dari segi sasaran pendidikan, segi pembidangan kerja atau sektor kehidupan. Dibahasa yang menjadi point inti nya dalam makalah ini yaitu tentang peran pendidkan dalam pembangunan terutama di indonesia.
Seperti disebutkan bahwa : Pendidikan Adalah Kunci Pembangunan Bangsa
Barangkali tidak ada diantara kita yang tidak setuju bahwa pendidikan mempunyai peranan besar dalam pembangunan suatu bangsa. Tapi seringkali kita berhenti disitu, pada tataran abstrak, dan menerimanya sebagai kebenaran mutlak yang tidak perlu lagi dikaji dan dirinci. Berdasarkan keyakinan itu kita melaksanakan percepatan dan perluasan pendidikan melalui aneka program pendidikan, dengan negara sebagai penjurunya dan masyarakat berpartisipasi aktif.
Nah itu review dari makalah Peran Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa kali ini.
Makalah ini merupakan tugas dari mata kuliah pengantar pendidikan, dan kali ini saya akan mereview isi dari makalah yang berjudul "peran pendidikan dalam pembangunan bangsa". Makalah ini terdiri dari 21 halaman (terhitung dari bab 1). Yang terdiri dari 2 bab yaitu Bab 1 dan Bab 2.
Dalam bab 1 dipaparkan tentang latar belakang pendidikan, kondisi pendidikan yang ada di indonesia di masa lalu dan masa sekarang yang sedang berlangsung, serta perkembangan pendidikan dalam pembangunan bangsa.
Dalam makalah Peran Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa ini terdapat rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa arti pendidikan dan pembangunan?
2. Apakah peranan manusia dalam pembangunan bangsa?
3. Apakah peranan pendidikan dalam pembangunan bangsa?
Dan makalah ini memiliki tujuan yang diambil berdasarkan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Mengetahui arti pendidikan dan pembangunan.
2. Mengetahui peranan manusia didalam pembangunan bangsa.
3. Mengetahui peranan pendidikan dalam pembangunan bangsa.
Beranjak ke bab selanjutnya dalam makalah Peran Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa yaitu bab 2, di bab 2 ini dibahas lebih detail lagi tentang judul yang di berikan yaitu peran pendidikan dalam pembangunan bangsa. Dimulai dari pengertian pendidikan dan pembangunan seperti kutipan berikut ini :
Menurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
- Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
- Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
- Menjamin integrasi sosial.
- Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
- Sumber inovasi sosial.
Pembangunan sendiri artinya kita berbicara mengenai perubahan, kemajuan masyarakat, kemajuan teknologi, perluasan wawasan dan pola pikir masyarakat, perilaku dan gaya hidup masyarakat. Dan semua itu tidak lepas dari yang namanya proses perluasan, proses peningkatan, baik itu untuk kepentingan masyarakat maupun diri sendiri.
Setelah membahas tentnag arti pendidikan dan pembangunan selanjutnya di point 2.2 dibahas tentang manusia dalam pembangunan bangsa seperti :
- Manusia sebagai produsen :
Manusia dalam pembangunan dapat berperan sebagai masukan dalam pembangunan dan berperan sebagai produsen, yaitu orang-orang yang secara langsung atau tidak langsung menggerakkan proses produksi dalam pabrik-pabrik, perusahaan-perusahaan, dan lembaga- lembaga sosial budaya, yang bersifat keagamaan, keilmuan, pendidikan, kesenian, dan sebagainya. Sebagai produsen manusia berperan sebagai:
a.Pencipta rancang bangun atau gagasan-gagasan, baik bersifat cita-cita maupun teknologi baru. Mereka berperan sebagai peneliti dan pengembang gagasan-gagasan dan teknologi baru.
b.Pengelola operasi-operasi yang terjadi di pabrik-pabrik, perusahaan-perusahaan, lembaga- lembaga sosial budaya, politik, pertahanan keamanan, dan sebagainya. Sehubungan dengan ini mereka berperan sebagai perencana, pemimpin, pengawas operasi-operasi tersebut.
c.Pelaksana operasi-operasi yang terjadi di pabrik-pabrik, perusahaan-perusahaan, dan lembaga-lembaga sosial budaya, politik, pertahanan, dan sebagainya. Mereka berperan sebagai Tenaga kerja teknis administratif dan Tenaga kerja teknis operasional.
- Manusia sebagai konsumen
Manusia dapat berperan sebagai konsumen. Mereka berperan sebagai pengguna atau penikmat hasil-hasil pembangunan dan sebagai penilai mutu hasil hasil pembangunan.
Selain itu dibahasa pula pendidikan dalam pembangunan bangsa dilihat dari segi sasaran pendidikan, segi pembidangan kerja atau sektor kehidupan. Dibahasa yang menjadi point inti nya dalam makalah ini yaitu tentang peran pendidkan dalam pembangunan terutama di indonesia.
Seperti disebutkan bahwa : Pendidikan Adalah Kunci Pembangunan Bangsa
Barangkali tidak ada diantara kita yang tidak setuju bahwa pendidikan mempunyai peranan besar dalam pembangunan suatu bangsa. Tapi seringkali kita berhenti disitu, pada tataran abstrak, dan menerimanya sebagai kebenaran mutlak yang tidak perlu lagi dikaji dan dirinci. Berdasarkan keyakinan itu kita melaksanakan percepatan dan perluasan pendidikan melalui aneka program pendidikan, dengan negara sebagai penjurunya dan masyarakat berpartisipasi aktif.
Nah itu review dari makalah Peran Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa kali ini.