Mengenal Hiren's BootCD, Tools Wajib Teknisi Komputer

Mengenal Hiren's BootCD, Tools Wajib Teknisi Komputer - Dalam kehidupan sehari - hari sudah barang tentu kita sanga lekat dengan laptop ataupun komputer. Apalagi jika anda adalah seorang pelajar atau orang yang bergelut di dunia IT, tentu apabila ada setiap permasalahan pada komputer atau laptop anda kita wajib memperbaikinya sendiri.


Kerusakan yang sering terjadi pada sebuah laptop atau komputer adalah dari sisi softwarenya, seperti terinfeksi virus, data terformat atau hilang, sistem operasi tidak mau boot dan masih banyak lagi problem yang sering terjadi dari sisi sofware ini.


Nah untuk mengatasi permasalah dari sisi sofware terutama bagi anda yang merupakan orang IT atau sedang berlajar di bidang IT seperti TKJ, Multimedia, RPL dan sebagainya harus memiliki tools yang bernama Hiren's BootCD.


Apa itu hiren's bootcd?

 Hiren's BootCD adalah sebuah tools freeware yang bisa kita gunakan untuk mengecek atau memperbaiki laptop atau komputer terutama kerusakan pada sisi software. Banyak yang bilang bukan orang teknisi apabila tidak kenal Hiren's BootCD ini, tetapi jika anda bukan orang IT pun sebenarnya sangat penting untuk tahu hiren's bootcd atau tools semacam ini karena bisa hemat untuk memperbaiki laptop atau komputer anda apabila rusak.


Nah bagaimana cara menggunakan Hiren's Boot CD itu? penggunaannya sekilas memang terlihat "mengerikan diawal" kenapa saya bilang begitu? karena tampilan dari tools ini adalah dalam bentuk Dos atau hanya ada list teks putih dengan background hitam belakangnya seperti linux.


Dimana bisa mendapatkan Hiren's BootCD? kita bisa mengunduh software atau tools ini secara gratis dari situs resminya yang beralamatkan di : (silakan copy dan buka di tab baru)
http://www.hirensbootcd.org/download/ 

Ukuran tools ini tidak terlalu besar yakni hanya kurang lebih 500Mb an. Tetapi meski begitu tools atau fitur didalamnya terbilang sangat - sangat lengkap seperti Antivirus tools, backup tools, Memory test, password charger, harddisk tools, partisi tools, Mini Xp, file manager, linux, dll.


Nah untuk dapat menjalankan hiren's ini kita bisa menggunakan 2 media yaitu flashdisk ataupun CD/DVD. Karena ukurannya yang imut yakni hanya 500 mban jadi disarankan memakai saja CD yang ukurannya 700Mb dengan harga pasar cuma Rp.4000,- saja.


Lalu bagaimana cara memasukan atau burn hiren's bootCD ke CD/DVD?
Caranya sangat simple dan mudah, jadi kita unduh dahulu hiren's nya, lalu setelah itu eksrak file unduhannya. Disana akan ada beberapa file (jangan bingung). Pertama masukan CD/DVD nya dulu lalu buka atau jalankan program bernama BurnCDCC.exe


Jika sudah, akan muncul tampilan seperti berikut:
Mengenal Hiren's BootCD, Tools Wajib Teknisi Komputer


Nah selanjutnya kita pilih browse dan cari serta open file Hiren's BootCD 15.2.iso (dalam kasus ini menggunakan versi 15.2). setelah itu tinggal klik Start. Anda juga bisa mencentang beberapa opsi yang ada seperti Finalize, Read Verify ataupun mengatur speed burningnya.


Tunggu sampai proses burning selesai, jika sudah selesai untuk cara pemakaiannya adalah dengan menjadikan CD/DVD sebagai prioritas pertama di BIOS (sudah tahukan caranya?) jadi kita restart pc / laptop kita dan tekan f2 seecara terus menerus sampai masuk bios. Lalu carilah konfigurasi boot dan pastikan DVD/CD di pilihan pertama, lalu save change dan biarkan laptop / pc boot ke CD Hiren's kita.


Nah sampai disana kita sudah berhasil mem-burning dan menggunakan hiren's boot.. Dan sebenarnya kalian juga bisa menggunakan USB Flashdisk sebagai mendianya. Caranya dengan menggunakan software bootable usb seperti YUMI.


Dan sekian dulu artikel kali ini tentang mengenal hiren's bootcd, tools wajib teknisi komputer. Semoga bermanfaat!

1 comment

  1. Makasih untuk share info ini, bermanfaat.
    Ditunggu kunjungan baliknya ke Web Saya ya di Toko Komputer atau Tips & Trik Komputer 2021

    ReplyDelete

Protection


Top